Penyebab Susah Buang Air Besar Setelah Operasi dan Pencegahannya


 

Sembelit atau sulit buang air besar (BAB) sesudah operasi adalah permasalahan yang biasa didapati. Ada beberapa fakta kenapa berlangsung sembelit sesudah operasi, serta pada mekanisme operasi yang simpel. Ketahui pemicu sembelit ialah kunci untuk menahan serta menyembuhkan situasi ini.


Jika susah buang air besar tidak selekasnya ditangani, seringkali akan mengakibatkan sembelit yang bertambah kronis. Kotoran atau feses akan bertambah lebih keras serta frekwensi buang air besar jadi makin jarang-jarang. Ini karena kotoran sudah jadi kering di usus besar.


Sembelit yang berkelanjutan bisa berubah jadi sumbatan kotoran, yakni saat kotoran benar-benar keras serta kering hingga membuat Anda tidak bisa buang air besar. Mengejan kelamaan karena sembelit dapat mengakibatkan timbulnya wasir, masalah irama jantung, sampai masalah pernafasan.


Bila berlangsung sumbatan kotoran, karena itu perlu dilaksanakan penyembuhan spesial dari dokter. Di masalah spesifik, sumbatan kotoran serta perlu diatasi dengan operasi.


Tanda-tanda Sulit Buang Air Besar Sesudah Operasi


Gejala-gejala yang bisa ada karena alami sembelit ialah:


Buang air besar kurang dari 3x dalam satu minggu


Perlu mengejan waktu buang air besar


Perut kembung


Ngilu perut


Kotoran yang keluar keras


Berasa tidak selesai sesudah buang air besar


Bermacam Pemicu Sulit Buang Air Besar Sesudah Operasi Sulit BAB sesudah operasi bisa berasal dari unsur yang berlainan. Di bawah ini ialah beberapa pemicu susah buang air besar sesudah operasi:


1. Pemakaian bius umum (bius keseluruhan) Bius umum dipakai untuk melumpuhkan badan serta pastikan pasien tidak merasai sakit semasa mekanisme operasi berjalan. Tetapi, obat bius punya pengaruh pada usus serta dapat perlambat pergerakan usus hingga mengakibatkan sembelit.


2. Puasa sebelum operasi Tidak makan atau minum kelamaan sebelum operasi dapat mengakibatkan sembelit. Masalahnya konsumsi minuman dan makanan dalam jumlah yang sedikit atau serta berbeda sekali akan mengakibatkan kotoran jadi kering serta keras hingga susah dikeluarkan.


Simulasi Game Tembak Ikan Online APK Playstore Jika sesudah operasi Anda telah diperbolehkan untuk minum dan makan tapi masih takut serta cuma makan sedikit atau mungkin tidak minum, hal tersebut dapat mengakibatkan sembelit.


Bila sulit BAB sesudah operasi berasal dari ini, karena itu Anda perlu melakukan perbaikan skema minum dan makan untuk menurunkan tanda-tandanya.


3. Dampak dari persiapan operasi usus Persiapan operasi usus, sama dengan kolonoskopi, dilaksanakan dengan minum larutan atau obat yang berperan bersihkan kotoran dari aliran pencernaan. Jadi tidak bingung jika berlangsung sulit atau mungkin tidak buang air besar sesudah operasi, sebab usus telah betul-betul kosong dari kotoran.


4. Kerusakan saraf Pasien yang mempunyai masalah saraf, kelumpuhan, atau sarafnya putus waktu operasi bertambah rawan alami sembelit sesudah operasi. Ini sebab beberapa kondisi itu membuat penderitanya tidak mempunyai dorongan untuk buang air besar, atau mungkin tidak dapat buang air besar tanpa ada pertolongan obat.


5. Impak obat Obat ngilu, seperti opioid, yang sering diberi untuk perlakuan sesudah operasi bisa mengakibatkan sembelit yang kronis. Begitupun obat diuretik, suplemen zat besi, serta obat antasida untuk lambung.


6. Kelamaan berbaring Berjalan serta beberapa kesibukan fisik yang lain bisa merangsang Anda untuk buang air besar. Jadi tidak bingung, saat Anda kelamaan berbaring atau kurang melakukan aktivitas fisik sesudah operasi, Anda bertambah lebih gampang alami sembelit.


7. Diet yang tidak pas Skema diet yang diambil sesudah operasi tentukan kelancaran buang air besar. Diet dengan makanan yang rendah serat bisa mengakibatkan sembelit. Begitupun konsumsi kebanyakan keju, cafein, serta alkohol.


8. Masalah pencernaan Bila Anda mempunyai permasalahan pada usus, seperti sindrom Crohn atau iritasi usus besar, Anda semakin lebih beresiko alami sulit BAB sesudah operasi.


9. Meremehkan dorongan untuk buang air besar Tunda buang air besar sebab repot, malas, atau mungkin tidak punyai waktu ke kamar mandi dapat menyebabkan sembelit. Masalahnya makin lama kotoran ketinggalan di aliran pencernaan, karena itu kotoran akan makin kering serta keras hingga susah untuk dikeluarkan.


Menahan Sulit Buang Air Besar Sesudah Operasi Di bawah ini ialah cara-cara yang dapat dilaksanakan untuk menahan agar tidak ada sembelit sesudah operasi:


Selekasnya makan Selekasnya makan saat dokter telah membolehkan Anda untuk makan sesudah operasi. Konsumsi makanan bisa merangsang usus untuk kerja serta menahan sembelit.


Minum air putih semakin banyak Dehidrasi membuat sembelit bertambah gampang berlangsung, karena air bisa menolong merusak makanan di lambung serta memperlancar peranan pencernaan. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas (2–3 liter) tiap hari buat menahan sembelit.


Jauhi mengonsumsi cafein Kecuali kurang minum, konsumsi cafein dapat mengakibatkan dehidrasi yang dapat menyebabkan sembelit sesudah operasi. Jadi, untuk menghindarinya, Anda perlu hindari mengonsumsi minuman atau makanan yang memiliki kandungan banyak cafein, seperti kopi, teh, soda berkafein, serta cokelat.


Konsumsi makanan memiliki serat Sehari-harinya, Anda disarankan untuk mendapatkan konsumsi serat sekitar 25–37 gr. Konsumsi makanan memiliki serat bisa menolong buang air besar Anda masih teratur.


Makanan seperti kacang-kacangan, apel, pir, labu, ubi jalar, serta bayam adalah sumber serat yang baik. Bila Anda tidak selera makan sesudah operasi, Anda bisa coba minum juice buah serta sayuran.


Banyak bergerak


Waktu dokter telah membolehkan Anda untuk bergerak sesudah operasi, karena itu bangunlah serta bergeraklah sebanyak-banyaknya, tetapi jangan memaksa diri. Serta, berjalan kaki sesaat di lorong rumah sakit juga dapat menolong menahan sembelit.


Sulit BAB sesudah operasi memang permasalahan yang biasa berlangsung, tapi perlu tetap selekasnya diatasi. Bila tidak, situasi ini mempunyai potensi bertambah lebih kronis serta akan sangat terasa mengganggu.


Jangan tunda untuk konsultasi sama dokter jika berlangsung keluh kesah sembelit sesudah operasi. Untuk mengatasinya, dokter kemungkinan mereferensikan obat pelunak kotoran atau obat pencahar yang membuat kotoran bertambah gampang dikeluarkan.


Bila obat pencahar serta pelunak kotoran gagal, dokter kemungkinan memberi resep obat supositoria (dimasukkan ke dubur). Sama seperti dengan ke-2 obat di atas, obat supposituria bermanfaat untuk bikin kotoran bertambah gampang dikeluarkan.

Postingan populer dari blog ini

Sharks that hunted close to Antarctica countless years back tape-taped Earth's environment background in their pearly whites

Introducing the adjustments on Monday evening, HDB claimed it will additionally bring in adjustments towards approve disbursements coming from Tuesday.

As the metropolitan area of Denver